ISLAM DAN REALITAS SOSIAL PADA MASA PERMULAAN; MASA RASULULLAH DAN AL-KHULAFA` AR-RASYIDUN (1.1)



A. Penyikapan terhadap Realitas Sosial dalam Proses Tasyri’ pada Masa 
Rasulullah

Jauh sebelum Islam datang, masyarakat Arab, khususnya Makkah  yang merupakan  tempat diturunkannya  wahyu  pertama  kali,  sudah  mempunyai tradisi  dan  realitas  sosial  tersendiri.  Hal itu  meliputi  berbagai  bidang kehidupan, seperti sistem politik, keagamaan, etika, sistem keluarga, serta bentuk-bentuk interaksi sosial yang lain.

Dalam  sebuah  buku  yang  berjudul  Al-JuŜûr  al-Târîkhiyyah  li  asySyarî’ah  al-Islâmiyyah,  Khalil Abdul  Karim  (2003)  menjelaskan  mengenai ritus-ritus  bangsa  Arab  sebelum  datangnya  Islam, di antaranya  adalah sebagai berikut. 
  1. Ritus-ritus  peribadatan,  seperti  pengagungan  Ka’bah,  Haji  dan Umarah, dll. 
  2. Ritus-ritus warisan penganut tradisi ħanîfiyyah. 
  3. Ritus-ritus sosial, seperti jampi-jampi, poligami, perbudakan, dll. 
  4. Ritus-ritus hukuman, seperti al-‘âqilahdan al-qasâmah. 
  5. Ritus-ritus peperangan, seperti seperlima bagian, as-salb, dll. 
  6. Ritus-ritus politik, seperti khilâfah dansyûra.
Ritus-ritus  tersebut  ternyata  tidak  diingkari  oleh  Islam,  bahkan dilestarikan.  Sebagian  dari  ritus-ritus  tersebut  masih  berlaku  hingga sekarang, seperti haji, umrah, dan shalat jum’at. Sedangkan sebagian yang lain sudah tidak berlaku lagi karena perubahan polahidup manusia, seperti perbudakan, pembagian rampasan perang, dan lain sebagainya. Di  sisi  lain,  banyak  juga  ritus-ritus bangsa Arab yang  ditinggalkan  oleh Islam,  seperti  nikah  syigâr,  menikah  lebih  dari  empat, tidak  adanya pembatasan  thalak,  riba,  jual  beli  mulâmasah (pegang  berarti  beli),  dan lain sebagainya.

Indikasi  yang  diperoleh  dari  fenomena  di  atas  adalah  bahwa  secara teoretis bisa dikatakan Islam datang dengan membawaajaran-ajaran serta nilai-nilai  yang  mempunyai  dua  sisi,  di  satu sisibersifat  kaku,  rigid,  tidak dapat  dinegosiasikan  (tsawâbit)  dan  di  sisi  yang  lain  bersifat lentur, fleksibel  dan  bisa  dinegosiasikan  (mutaghayyirât).  

Realitas  sosial  yang tidak  bisa  dinegosiasikan  dengan  ajaran  dan  nilai-nilai  Islam  akan dieliminasi  oleh  Islam.  Sedangkan  realitas  sosial  yang  tidak  bertentangan dengan Islam dibiarkan dan bahkan diadopsi.

Secara  umum,  hubungan  antara  realitas  sosial  dan  formulasi  hukum dalam proses tasyri’ di masa Rasulullah saw terekam dalam Al-Qur`an dan Sunnah.  Pembahasan  selanjutnya  akan  diklasifikasi menjadi  tiga  bagian, pertama  mengenai  dialektika  antara  Al-Qur`an  dengan realitas  sosial, kedua mengenai dialektika antara Sunnah Rasul dengan realitas sosial, dan untuk melangkapi pembahasan akan dibahas mengenai ijtihad Rasul. 


1. Al-Qur`an dan Realitas Sosial
Jika  dilihat  dari  kaca  mata  realitas  sosial,  akan  terlihat  bahwa  AlQur`an sangat bersifat realistis, dalam arti selaluseiring sejalan dan tidak  mengabaikan  realitas  sosial.  Hal  ini  dikarenakan  Al-Qur`an  mempunyai  fungsi sebagai petunjuk (hudan) bagi kehidupan. Begitu intensifnya pergumulan antara  ayat-ayat  Al-Qur`an  dengan realitas  sosial,  sehingga  dalam  tradisi  ke-Islam-an muncul ilmu  khusus  mengenai  sebab-sebab  turunnya  Al-Qur`an  (asbâb  an-nuzûl),  meskipun tidak semua ayat  Al-Qur`an  ada  asbâb  an-nuzûl-nya.  

Mengenai  hal  ini, Abdurrahman  Umairah (2001)  bahkan  mencatat  ayat-ayat  yang  pada  saat turunnya secara spesifik ditujukan kepada Sahabat Rasulullah tertentu. Hal itu  bisa  dilihat  dalam buku  setebal  12  jilid  yang  berjudul “Rijâl wa  Nisâ` Anzala  allâhu  fîhim  Qur`an-an” (laki-laki dan  perempuan  yang  kepadanya ayat-ayat al-Qur`an diturunkan). Al-Qur`an, dilihat dari kronologi turunnya, para ulama mengategorikan ayat-ayatnya  menjadi  dua,  yaitu  ayat-ayat  Makkiyyah dan ayat-ayat Madaniyyah.  

Hal  itu,  jika  diilihat  dari  kaca  mata  realitas  sosial  terlihat adanya  perbedaan  isi ajaran  dalam keduanya.  Ayat-ayat  Makkiyyah yang diturunkan  sebelum  Rasulullah  melakukan hijrah  ke Madinah  berkisar antara  19/30  dan  berlangsung  selama  kurang  lebih  13 tahun  berisi ajaran mengenai dasar-dasar akidah dan akhlak. Sedangkan ayat-ayat  Madaniyyah yang  mulai diturunkan sejak  Rasulullah  Hijrah  ke  Madinah,  yang  berkisar antara  11/30   dan  berlangsung  selama kurang  lebih  10  tahun  berisi mengenai  ajaran  yang  bersifat  amaliyah  secara  utuh  seperti  shalat dan lain-lain (Khalil, TT: 38-40, Beik, TT: 9).

Terlihat  sekali  bahwa  realitas  sosial  mendapat  perhatian  dalam  proses turunnya  Al-Qur`an,  di mana  pada  fase  Makkah  belum  ada  kesemapatan dan  pendorong  kepada  tasyri’ yang  bersifat ‘amali,  dan  belum  dibentuk peraturan  pemerintahan,  perdagangan,  dan  lain-lain, sehingga  dalam surat-surat  Makkiyyah dalam  al-Qur`an  seperi  surat  Yunus,  ar-Ra’du,  alFurqan,  Yasin,  dan  al-Hadid,  tidak  terdapat  satu  ayat  pun  dari  ayat-ayat hukum  yang  ‘amali,  bahkan  kebanyakan ayat-ayatnya  khusus  membahas masalah akidah, akhlak, dan tamsil perjalanan hidupumat manusia di masa lampau (Khallaf, 2005: 12).
Hal  yang  berbeda  terlihat  pada  fase  Madinah,  di  mana  Islam  telah terbina  menjadi  umat  dan telah  membentuk  pemerintahan,  serta  mediamedia  dakwah  telah  berjalan  lancar.  Keadaan mendesak  diberlakukannya tasyri’ dan  undang-undang  guna  mengatur  hubungan  antar  individu satu dengan yang lain sebagai umat yang sedang berkembang.

Realitas tersebut menghendaki diberlakukannya  hukum-hukum  seperti  hukum  perkawinan, perceraian,  pewarisan,  perjanjian utang-piutang,  kepidanaan,  dan  lainlain.  Surat-surat Madaniyyah dalam  al-Qur`an  seperti  al-Baqarah,  Ali Imran,  an-Nisa`,  al-Maidah,  al-Anfal,  dan al-Ahzab  merupakan  surat-surat yang memuat  ayat-ayat  mengenai  hukum-hukum  tersebut (Khallaf,  2005: 12).

Mencermati cara Al-Qur`an dalam hubungannya dengan  realitas sosial, akan terlihat bahwa Islam berangkat bersama-sama dengan manusia secara apa adanya dan menerapkan hukum sesuai dengan tingkat kemampuannya, tahapan,  dan  keadaannya,  atau  dengan  kata  lain,  realitas  sosialnya,  dan hukum yang  diterapkan tersebut  dianggap  sebagai batas  taklifnya. Apabila seseorang  sudah  siap dengan  taklif  itu  maka  kepadanya  diterapkan  dan apabila tingkat kemapuannya meningkat taklifnya juga ditingkatkan, begitu seterusnya (Bu’ud, 2000: 19).
Untuk  lebih  jelasnya,  ayat-ayat  Al-Qur`an  yang  berhubungan  dengan realitas saat diturunkannya terbagi menjadi dua (Khalil, TT: 45-47), yaitu:
•  ayat  yang  diturunkan  untuk  menjawab  pertanyaan  para sahabat Rasulullah  saw.
Dalam  hal  ini banyak  sekali  ditemukan  ayat-ayat yang  dimulai  dengan  kata  “yas`alûnaka” (mereka bertanya kepadamu).  Ayat-ayat  tersebut  di  antaranya  dapat  ditemukan dalam  surat  al-Anfal:1, surat  al-Baqarah:  189,  219, 222,  217,  dan lain-lain;

• ayat  yang  diturunkan  sebagai  respon  terhadap  suatu  kejadian.
Hal inimerupakan perintah/petunjuk  Allah  kepada  Rasulullah  untuk menyikapi  kejadian  tertentu.Ayat-ayat semacam  ini  bisa ditemukan misalnya dalam surat al-Maidah: 33, suratan-Nahl: 126, surat an-Nisa`:7, 11, 12, dan lain-lain. 

Proses  turunnya  Al-Qur`an  (nuzûl)  memang  sudah  berakhir  dengan wafatnya  Rasulullah, namun Al-Qur`an  sebagai  pedoman/dasar  dalam agama  Islam  mempunyai  sifat  shâlihun  li  kulli  zamân wa  makân  (bisa diterapkan di segala situasi tanpa terikat oleh ruang dan waktu). Dalam hal ini  Al-Qur`an  mempunyai  fungsi  tanazzul 5 atau  diturunkan  sesuai  dengan konteksnya, sesuai realitas sosial yang menghendakisolusi darinya.
Tanazzul,  merupakan  sebuah  proses  ijtihad  untuk  menyikapi  realitas yang  sedang  berjalan  serta merupakan  usaha  untuk  menerapakan  ajaran Al-Qur`an  sesuai  dengan  konteksnya,  sesuai dengan  realitas  sosial  yang melatarinya. Bisa  dikatakan bahwa  asbâb al-nuzûl, yang dalam  hal ini menunjukkan adanya  konteks,  situasi  kemasyarakatan,  dan  permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat. Semua itu menjadi bukti yang jelas bahwa teks agama  atau  taklif  datang untuk  menjawab  keadaan  yang  sedang  dihadapi manusia,  untuk  dijadikan  contoh  secara  umum yang  terlepas  dari  batasan ruang  dan  waktu  dan  yang  terjadi  di  setiap  waktu  dan  tempat, karena sebagaimana  dikatakan  oleh  para  ahli  ushul  fikih  dalam  berinteraksi dengan  teks  agama bahwa  al-‘ibrah  bi  umûm  al-lafdzi  lâ  bi  khusûs  as-5 Kata  tanazzul  merupakan kata yang digunakan oleh al-Qaradhawi ketika mendefinisikan fatwa.  Fatwa  menurutnya  adalah  tanazzul  al-hukm  li  al-wâqi (menurunkan/memberikan hukum terhadap realitas) 

sabab(yang dijadikan patokan adalah umumnya lafad bukanadanya sebab tertentu) (Bu’ud, 2000: 26). Al-Qur`an  merupakan  wahyu  terakhir  dan  nabi  Muhammad  saw  juga merupakan  nabi  terakhir. Konsekwensinya,  al-Qur`an  harus  berisi  semua yang  dikehendaki  Allah  untuk  diajarkan,  baik berupa ajaran  untuk diterapkan  segera  maupun  diterapkan  untuk  situasi  yang  tepat  di  masa depan, yang jauh sekalipun (an-Na’im, 2004, 83).

2. Sunnah Rasulullah saw dan Realitas Sosial 
Secara  substansial  Sunnah  Rasulullah  mempunyai  nilai  yang  tidak  jauh dari  Al-Qur`an,  karena keduanya  sama-sama  berasal  dari  wahyu,  namun berbeda secara redaksional. Al-Quran secara redaksional berasal dari Allah swt  sedangkan  Sunnah  secara  redaksional  berasal  dari  Rasulullah saw. Bahkan  dalam  pergumulannya  dengan  realitas  sosial  sunnah  terbukti  lebih intensif.  Hal  itu bisa  dilihat  dari  perbandingan  jumlah  keduanya.  Hadis shahih  yang  tercatat  oleh  para  perawi Hadis  jauh  lebih  banyak  dibanding jumlah ayat dalam Al-Qur`an. Tercatat dalam sejarahbahwa Abu Hurairah meriwayatkan Hadis sebanyak 5374, Ibnu Umar 2631,  Anas bin Malik 2286, Aisyah 2210,  Ibnu  Abbas  1660,  Jabir  bin  Abdullah  1540,  dan  Abu  Sa’id  alKhudry 1170 (Khalil, TT: 90). 

Sebelum  membahas  lebih  dalam lagi  perlu  adanya pembatasan  Sunnah Rasulullah agar pembahasan tidak terlalu melebar. Mengenai hal ini penulis membatasi  sunnah  sebagaimana dilakukan  oleh  Mahmud  Syaltout  (2001), yang  mengategorikan  sunnah  ke  dalam  dua  macam, yaitu  sunnah tasyri’iyyah dan  sunnah  ghairu  tasyri’iyyah.   Wilayah  bahasan  tulisan  ini ada  pada bagian  sunnah  tasyri’iyyah saja  karena  tema  bahasanya  adalah masalah fikih.

Untuk lebih jelasnya keduanya diklasifikasikan sebagai berikut:
Sunnah tasyri’iyyahmeliputi:
a.  Sunnah  yang  bersumber  dari  Rasulullah  dalam  rangka  tabligh  dan beliau  mempoisisikan  diri sebagai  Rasul,  seperti  ketika  menerangkan kandungan  al-Qur`an  yang  masih  global  maknanya, men-takhshish makna  yang  umum,  memberikan  penjelasan  perihal  ibadah,  halal haram, akidah dan akhlaq, atau segala sesuatu yang  erat hubungannya dengan  hal  tersebut.  Sunnah  dalam  bagian ini  merupakan  hal  yang sifatnya umum atau universal, dan terus berlaku hingga hari kiamat. 

b.  Sunnah  yang  bersumber  dari  Rasulullah  di  mana  Rasulullah  berperan sebagai  imam  dan pimpinan  tertinggi  bagi  kaum  muslimin,  seperti mengutus  tentara  perang,  membagikan  harta dalam  baitul  mâl untuk kebutuhan  tertentu,  mengangkat  wali  dan  Qadhi,  dan  lain  sebagainya yang  berhubungan  dengan  kemaslahatan  umum.  Sunnah  dalam  bagian ini  tidak  bersifat  umum, semua  pekerjaan  tersebut  tidak  boleh dilakukan  kecuali  dengan  izin  imam,  dan  seseorang  tidak boleh melakukan hal itu dengan dalih bahwa Rasulullah melakukannya. 

c. Sunnah yang bersumber  dari Rasulullah  ketika  beliauberperan  sebagai Qadhi  dalam menyelesaikan  sengketa.  Sunnah  dalam  bagian  ini  juga bersifat khusus, seseorang hanya boleh melakukannyajika dia menjadi Qadhi

Adapun Sunnah ghairu tasyri’iyyahmeliputi :
 
a.  Sunnah yang merupakan pemenuhan kebutuhan sebagai manusia biasa, seperti makan, minum,       tidur, berkunjung,  tawar-menawar dalam  jualbeli dan lain sebagainya.
b.  Perbuatan  Rasulullah  yang  sifatnya  percobaan  dan   kebiasaan  secara pribadi  atau  kolektif, seperti  ketika  menyarankan  sesuatu  dalam bidang pertanian, kedokteran dan lain-lain.
c.  Perbuatan Rasulullah dalam mengambil langkah strategis dalam sebuah kejadian, seperti mengatur strategi perang, menempatkan prajuritnya, mencari tempat berkumpul tentara dan lain-lain. (Syaltout, 2001: 499-500).
Dalam  hal  yang  sama,  Abu  Zahrah  dengan  bahasa  yang  lebih  ringkas membagi  perbuatan Rasulullah  menjadi  tiga  bagian,  yaitu  perbuatanperbuatan  yang  berhubungan  dengan  penjelasan masalah  agama, perbuatan  yang  khusus  bagi  Rasulullah  seperti  beristri  lebih  dari  empat, dan perbuatan-perbuatan  yang  mencerminkan  sifatnya  sebagai  manusia biasa (Zahrah, 1997: 103). 

Sunnah  yang  relevan  dengan  pembahasan  tulisan  ini  adalah  sunnah dalam  kategori  sebagai yang  bersifat  tasyri’iyyah,  karena  sunnah  ghairu tasyri’iyyah merupakan  gambaran  perilaku Rasulullah  sebagai  manusia biasa. Wujud  interaksi  antara  Sunnah  dengan  realitas  sosial  di antaranya tergambar dalam beberapa riwayat di bawah ini:
Abu  Hurairah  r.a.,  meriwayatkan  sebuah  Hadis,  dia  berkata,  “ketika kami  sedang  duduk bersama  Rasulullah  saw,  tiba-tiba datang  seorang laki-laki,  lalu  berkata,  “wahai  Rasulullah, celakalah  aku”.  Rasul menjawab,  “apa  yang  terjadi  padamu?”.  Laki-laki  itu menjawab,  “aku telah  menggauli  istriku  (jima’)  padahal  aku  sedang  berpuasa”.  Rasul bertanya,  “apakah  engkau mempunyai  budak  untuk  dimerdekakan?”. Laki-laki  itu  menjawab,  “tidak”.  Rasulullah  bertanya lagi,  “apakah kamu  mampu  berpuasa  dua  bulan  berturut-turut?”.  Laki-laki  itu menjawab, “tidak”.  Rasulullah  bertanya  lagi,  “apakah  kamu  mampu memberi  makan  60  orang  miskin?”. Laki-laki  itu  menjawab,  “tidak”. Abu  Hurairah  berkata,  “lalu  Rasulullah  diam,  dan  ketika  itu ada seseorang  yang  datang  membawa  sekarung  kurma”.  Lalu Rasulullah bertanya,  “di  mana  si Penanya  tadi?”.  Laki-laki  itu menjawab,  “saya wahai Rasulullah”. Lalu Rasulullah bersabda, “ambillah ini (kurma) dan bersedekahlah  dengannya”.  Laki-laki  itu  menjawab,  “bagaimana  aku 
bersedekah  kepada  yang  lebih  miskin  dari  aku,  wahai Rasulullah?, 

  • sesungguhnya  di  tempat  kami  tidak  ada  keluarga  yang lebih  miskin daripada  keluarga kami”. Lalu  Rasulullah  tertawa  sehingga  terlihat gigi-gigi  taringnya,  lalu  beliau  bersabda, “berikanlah kepada keluargamu”. (HR. Bukhari, Bab Puasa).
  • Dalam Hadis Rasulullah ditemukan bahwa Beliau menjawab pertanyaan yang  sama  dengan
    jawaban yang  berbeda-beda.  Di  antaranya  adalah hadis  yang  diriwayatkan  oleh  Abi Umamah al-Bahily r.a.  mengenai seorang sahabat yang bertanya kepada Rasulullah mengenai jihad yang terbaik. Pada saat itu Rasulullah mengatakan bahwa  jihad yang terbaik adalah “mengatakan  kebenaran  kepada pemimpin  yang  lalim”.  Dalam kesempatan  yang  lain sebagaimana  terekam  dalam  Hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah r.a. ketika dirinya bertanya kepada Rasulullah mengenai permasalahan  di atas,  jawaban  Rasulullah  adalah “jihad terbaik adalah haji yang mabrur”. (HR. Bukhari). 

  • Secara  lebih  jelas  Rasulullah  pernah  bersabda,  “berbicaralah  kepada manusia sesuai dengan tingkat pemahamannya”. (HR. Bukhari). Ketiga  contoh  hadis  di  atas memberikan sebuah pelajaran mengenai bagaimana  kondisi  (realitas  sosial)  menyebabkan adanya perbedaan  dalam menyikapinya.  Seseorang  tidak  mungkin  dipaksa  untuk melakukan amalan yang berada di luar batas kemampuannya. 


3. Ijtihad Rasulullah

Sebuah  permasalahan  yang  pernah  diperdebatkan  sehubungan  dengan proses  tasyri’  di  masa Rasulullah  adalah  mengenai  ijtihad.  Hal  ini penting untuk  dikaji  untuk  memberikan  gambaran bagaimana  sesungguhnya  posisi seorang  Rasul  dalam  menghadapi  realitas  sosial  yang sedang dihadapi. Pertanyaan  yang  dikemukakan  adalah,  apakah  Rasulullah  saw  boleh berijtihad  atau tidak?  dalam  hal  ini  ada  dua  pendapat  yang  didukung  oleh dalilnya masing-masing. Pendapat pertama mengatakan  bahwa  Rasulullah  tidak  boleh melakukan ijtihad,  beliau hanya menunggu dan menjalankan  perintah dari Allah. Hal ini didukung dengan pemahaman umum dari Ayat al-Qur`an yang menyatakan  bahwa  Rasulullah  tidak  berkata  kecuali  dengan  wahyu,  yang terdapat dalam surat an-Najm: 3-4. Dalam ilmu kalam, pendapat ini dianut oleh aliran As’ariyah dan sebagian besar kaum Mu’tazilah (Khalil, tt: 28).
Sedangkan  pendapat  kedua mengatakan  bahwa  Rasulullah  saw melakukan ijtihad, bahkan beliau pernah salah dalamijtihadnya. Pendapat ini didukung oleh dalil-dalil sebagai berikut:
a.  Rasulullah  pernah  melakukan  Qiyâs.  Hal  ini  termuat  dalam  hadis  yang diriwayatkan  oleh Imam  Muslim.  Pada  suatu  hari,  seorang  perempuan Khasy’amiyyah  datang  kepada  beliau menanyakan  persoalan  ayahnya yang  meninggal  dunia  dalam  keadaan  belum  menunaikan ibadah  haji karena  sakit.  Perempuan  itu  bertanya:  “apakah  aku  bisa menghajikannya,  wahai Rasulullah?”.  Nabi  menjawab:  “bagaimana menurutmu,  jika  ayahmu punya  hutang,  apakah kamu wajib melunasinya?”.  Ketika  perempuan  tersebut  menjawab  bahwa  hal  itu harus  dibayar,  maka nabi  mengatakan:  “hutang  kepada Allah  lebih utama untuk ditunaikan” (al-Maraghi, 2001: 9).
b.  Pada  saat  memutuskan  hukum  terhadap  para  tawanan  perang  Badar dan  belum  ada  syari’ah mengenai  hukum  terhadap  tawanan  perang, Rasulullah  bermusyawarah  dengan  sebagian Sahabat.  Abu  Bakar menyarankan  agar  dipungut  tebusan  dari  mereka  untuk memperkuat para sahabat.  Tapi  Umar  bin  Khattab  berpendapat  agar  para  tawanan dibunuh  saja,  tidak  usah memakai  syarat  tebusan.  Kemudian,  Rasul berijtihad  untuk  menerima  tebusan,  maka  Allah meluruskan  ijtihad Rasul  (yang  kurang  tepat)  dengan  firman-Nya  dalam  surat  al-Anfal:  67 (Khallaf, 2005: 17).

c.  Pada  saat  Rasul  memberikan  izin  bagi  para  Sahabat  untuk  tidak berperang  dalam  perang Tabuk,  Allah  menegur  dengan  menjelaskan yang  sesuai  kebenaran  dengan  firman-Nya  pada Surat  at-Taubah:  43 (Khallaf, 2005: 18). Pendapat  kedua,  yang  mengatakan  bahwa  Rasulullah saw  melakukan ijtihad  lebih  bisa  diterima,  karena  telah  jelas  dari  contoh-contoh  yang dikemukakan  tentang  adanya  ijtihad  tersebut.  Dalam  kaidah  ushul  juga dikatakan  bahwa  “al-wuqû’  dalil  al-jawâz” (segala  sesuatu  yang  sudah terjadi  menunjukkan  bukti  keberadaannya). Selain  itu,  dengan  berpegang pada  pendapat  kedua,  akan  memberikan  ruang  bagi  para mujtahid kontemporer  untuk  meneladani  Rasulullah  dan  tidak  takut  terjebak  pada kesalahan berijtihad, sebab manusia sekaliber Rasulullah pun pernah salah dalam berijtihad. Dari  seluruh  uraian  di  atas, secara  umum  dapat  disimpulkan  bahwa proses  tasyri’  di  masa  Rasulullah  dalam  kaitanyya dengan  penyikapan terhadap realitas sosial terangkum dalam dua hal, yaitu:
Pertama, menerapkan  syari’ah  secara  bertahap  (ad-tadarruj  fi  attasyri’). Pengertian bertahap dalam hal ini bisa diartikandua macam, yaitu pengertian  global  dan  pengertian  spesifik.  Global bisa  dilihat  pada  proses tasyri’ yang  meliputi  kronologi  penurunan  ajaran  secara  bertahap sesuai dengan  keadaannya,  seperti  turunnya  ayat-ayat  Makiyah  dan  Madaniyah yang  memperhatikan kesiapan  mental  umat  Islam  saat  itu.  Sedangkan pengertian  spesifik  bisa  dilihat  pada  proses bertahapnya  ajaran  Islam dalam  satu  macam  kasus,  seperti  pengharaman  khamr (arak)  yang berproses  melalui   empat  tahap  sebagaimana  terekam  dalam  Al-Qur’an surat  an-Nahl:  167,  al-Baqarah:  219,  an-Nisa`:  43,  dan  al-Maidah:  90-91. Begitu  juga  terlihat  dalam  kasus  shalat yang  pada  awalnya  diwajibkan sebanyak  2  (dua)  rakaat  lalu  ditambah  menjadi  4  (empat) rakaat  (Khalil, TT,40-42).  Pemahaman  seperti  ini  didukung  juga  oleh Umar  Abid  Hasanah dalam  kata  pengantarnya  untuk  buku  yang  berjudul  “Fiqh  al-Wâqi’”.

Hasanah mengatakan  bahwa  Pada dasarnya  taklif syar’i, secara umum  dan tingkatan-tingkatan atau tahapan-tahapannya,  disandarkan  pada  tingkat kemampuan dan kemungkinan secara manusiawi. Karena memberikan taklif kepada  seseorang  di  luar  tingkat  kemampuannya  tidak dimungkinkan secara teroritis maupun praktis. Taklif tidak mungkin melebihi kemampuan secara  manusiawi dengan  bermacam-macam  kondisinya,  mulai  dari tingkatan  hukum  syara’  yang  paling  rendah yaitu  perbuatan  tidak  wajib sampai  tingkatan  tertinggi  hukum  syara’  yaitu  wajib/fardhu. Hukum syari’ah  sesuai  dengan  tingkat  kemampuan  manusia,  karena  tujuannya adalah untuk mendidik manusia, bukan untuk menyiksanya. Allah swt yang telah  menciptakan  manusia,  situasi  dan kondisi  yang melingkupi  manusia, serta  menciptakan  waktu,  tentunya  lebih  tahu  mengenai tingkat kemampuan  manusia  serta  kebutuhan-kebutuhannya  yang mendasar.  Oleh karea  itu, Allah Swt  tidak  membebani  manusia  di  luar  batas kemampuannya,  Islam  adalah  agama  yang  selaras dengan  fitrah  manusia (Bu’ud, 2000: 19). 

Kedua,  adanya  sebab-sebab  yang  menghendaki  adanya  hukum,  baik dari  al-Qur`an  (asbâb  an-nuzûl)  maupun  sunnah  (asbâb al-wurûd).  Dengan demikian  pengetahuan  mengenai  background yang  melatari  turunnnya  alQur`an  maupun  yang  menyebabkan  Rasulullah  mengeluarkan sabdanya menjadi penting dalam rangka mencermati hubungan antara realitas sosial dengan  proses tasyri’.  Memang,  tidak  semua  ayat  dalam  al-Qur`an  ada asbâb  an-nuzûl-nya, namun  dalam literatur  ke-Islam-an  banyak  sekali buku-buku  yang  membahas  mengenai  asbâb an-nuzûl terutama  kitab-kitab tafsir.

Jelas  sekali  terlihat  bahwa  pada  masa  Rasulullah  terlihat  hubungan yang  tak  terpisahkan  antara realitas  sosial  dan  proses  formulasi  hukum, bahkan dalam kasus seseorang yang “menggauli” istrinya di siang hari pada bulan Ramadhan, Rasul menerapkan hukum berdasarkan kemampuan orang tersebut, tanpa adanya pemberatan dan pemaksaan
Previous
Next Post »